Keuntungan Dan Kerugian Dalam Menjalankan Bisnis Online



 Bisnis online dikenal mudah dan murah. Karena dapat dilakukan dimanapun, kapanpun dan tidak membutuhkan uang banyak untuk menjalankannya. Selain itu bisnis online sangat fleksibel waktu dan tenaga. Terlebih lagi bisnis online dinilai lebih menguntungkan daripada bisnis biasa. Tapi dari sekian keuntungan yang ditawarkannya, apakah anda tahu kerugiannya? Mungkin anda belum banyak tahu kerugian dari bisnis online karena belum mengalaminya sendiri. Tapi tak perlu khawatir, disini kami akan memberikan ulasan mengenai keuntungan dan kerugian dalam menjalankan bisnis online. Berikut ulasannya :
Keuntungan                               
  1. Tidak Dibatasi Ruang dan Waktu
Keuntungan bisnis online yang pertama adalah tidak dibatasi ruang dan waktu. Menjalankan bisnis online bisa dibilang sangat fleksibel. Tidak seperti bisnis biasa yang dibatasi oleh waktu, bahkan sering dikejar waktu untuk menyelesaikan pekerjaannya. Anda bisa mengerjakannya dimanapun dan kapanpun asalkan anda tetap terhubung dengan koneksi internet. Hal ini sangat menguntungkan bagi anda, karena anda bisa membagi waktu anda dengan baik.
  1. Tidak ada tuntutan mengenai pakaian
Keuntungan yang kedua adalah anda bisa memilih pakaian yang anda pakai. Anda bisa memakai pakaian apa saja yang anda suka. Tidak seperti pekerja kantoran yang diharuskan memakai seragam, pada bisnis online ini anda memakai pakaian apa saja. Selagi itu nyaman dan sopan pakaian apapun tidak masalah. Karena anda tidak dituntut pada tempat dimana anda bekerja.
  1. Tidak Terikat Lembaga
Keuntungan lainnya adalah anda tidak harus terikat dengan lembaga – lembaga khusus. Anda bisa menjalankan bisnis online yang lain dan lebih dari satu model. Anda juga tidak terikat pada aatasan seperti pada umumnya. Dengan begitu anda mudah untuk memiliki pekerjaan lebih dari satu sesuai yang anda inginkan.
  1. Modal yang lebih sedikit
Seperti yang anda ketahui, bisnis online memang tidak membutuhkan modal yang banyak. Anda juga tidak membutuhkan tempat khusus untuk memasarkan produk anda seperti pada bisnis pada umunnya.Jadi anda bisa menyisihkan uang untuk kepentingan yang lain.
  1. Transaksi Yang Cepat
Dengan perkembangan internet yang semakin luas, akan memudahkan segala transaksi. Terutama dalam bisnis online yang mengharuskan pelayanan yang cepat. Tapi anda tidak perlu khawatir, anda akan sangat diuntungkan dengan perkembangan teknologi dan internet. Hal ini membuat transaksi semakin mudah dan cepat.
  1. Tidak Membutuhkan Banyak Tenaga
Selain fleksibel waktu, hemat dan mudah, keuntungan lainnya adalah tidak membutuhkan banyak tenaga. Anda cukup duduk di depan laptop atau handphone anda tanpa harus melakukan pekerjaan berat. Jika anda harus mengerjakan sesuatu yang membutuhkan banyak tenaga itupun hanya sebatas bertemu konsumen atau saat mengantarkan dan mengirimkan produk tersebut.
Kerugian
  1. Marak Penipuan Online
Kerugian yang pertama adalah beredarnya penipuan online. Bisnis online ini memang sangat rawan dengan penipuan. Penipuan ini sering menimpa para konsumen. Biasanya karena produk tersebut menawarkan harga yang murah serta barang yang bagus. Dengan hal ini calon pembeli akan mudah tertarik dan pada akhirnya tertipu.
  1. Penyebaran Koneksi Internet Belum Merata
Kerugian yang kedua adalah soal penyebaran koneksi internet yang belum merata. Di Indonesia pun masih banyak wilayah yang belum terjamah koneksi internet. Apalagi di daerah plosok dqn pedesaan. Kalaupun ada koneksinya masih belum stabil dan terputus – putus. Ini juga terkait dengan mahalnya harga smartphone yang tidak dijangkau kalangan bawah.
  1. 3. Keuntungan Yang Tidak Instan
Kerugian satu ini yang sering dikeluhkan opeh pembisnis baru. Bisnis online memang tidak memberikan keuntungan yang instan. Anda harus menjalankan bisnis ini dengan telaten agar bisa merasakan keuntungannya. Biasanya banyak pemula yang menyerah diawal karena tak kunjung mendapatkan keuntungan. Masalah ini memang cukup menurunkan semangat pqra pebisnis.
Itulah beberapa keuntungan serta kerugian dalam menjalankan bisnis online. Hal – hal seperti itu harus anda pahami, terutama bagi anda pebisnis pemula. Setelah mengetahui untung dan ruginya, anda bisa mendapatkan gambaran tentang bisnis online tersebut. Serta menjalankannya dengan baik. Terimakasih

Postingan Populer